Kue Bikang



aneka resep camilan kue basah,resep kue bikang
         Kue Bikang merupakan kue tradisional khas daerah Jawa Tengah. Kue Bikang terbuat dari tepung beras yang dipadukan dengan berbagai bahan seperti santan, gula pasir, dan garam sehingga membuat kue ini bercita rasa gurih. Kue Bikang memiliki bentuk yang unik pada bagian atasnya berbentuk mekar dan berlubang pori-pori, sehingga kue ini tak hanya nikmat rasanya tapi juga memiliki tampilan yang indah layaknya bunga. Bagi anda yang ingin mencoba membuat kue bikang, berikut resepnya.

Bahan :  -500gr Tepung Beras            
             -100gr Tepung Maisena      
             -75gr Tepung Tapioka         
             -250gr Gula Pasir                  
             -1 ltr.Santan dari 1btr. kelapa
             -1/2sdm Garam
             -Vanili
             -Pewarna Makanan (hijau dan merah)                                                                 


Cara Membuat :


    1.Didihkan sebagian Santan yang telah dicampur dengan sedikit Tepung Beras (6sdm Tepung), aduk hingga tercampur rata dan agak mengental, jangan lupa tambahkan Vanili, Garam dan Gula Pasir aduk hingga larut setelah itu angkat.
    2.Dalam wadah berbeda campur Tepung Beras, Maisena, dan Tapioka hingga rata, kemudian tuangkan Santan yang masih hangat tadi ke dalamnya sedikit demi sedikit sambil aduk rata.
    3.Kemudian tambahkan sisa Santan dingin sedikit demi sedikit sambil diaduk rata, uleni adonan dan tepuk-tepuk bagian atasnya.Setelah itu diamkan adonan selama 30mnt.Sisihkan sedikit adonan didua tempat yang berbeda, kemudian beri sedikit pewarna hijau dan merah. 
    4.Panaskan cetakan Kue Bikang, Olesi lubang-lubangnya dengan sedikit minyak.
    5.Tuang adonan dalam cetakan hingga terisi 3/4 bagian dari cetakan, beri sedikit adonan yang berwarna tadi di atasnya sebagai hiasan.
    6.Tunggu adonan beberapa saat tanpa ditutup, ketika telah terlihat banyak lubang di atasnya, tekan bagian atas dan congkel bagian pinggirnya, sehingga bentuk kue dapat merekah.
    7.Angkat kue bikang yang telah matang, dan sajikan selagi hangat.







                       Selamat Mencoba, Semoga Sukses



Tidak ada komentar:

Posting Komentar