Kue Dadar Gulung

Resep Kue Basah,  Resep Camilan Kue Dadar Gulung

    Kue Dadar Gulung merupakan salah satu jenis kue basah, kue ini tidak bisa disimpan dalam waktu yang lama mungkin hanya bisa bertahan sehari semalam. Kue Basah ini terdiri dari adonan kulit dan isi, yang mana adonan kulit tersebut dibuat dari tepung terigu yang didadar dan kemudian diisi dengan parutan kelapa yang telah diberi gula atau biasa juga disebut dengan unti/enten-enten.Kue Dadar Gulung banyak kita jumpai di pasar-pasar tradisional.Cara Pembuatan Kue Dadar Gulung sangat simpel dan mudah.bagi anda yang tertarik untuk membuatnya, berikut resep dan cara membuat Kue Dadar Gulung.

Bahan Kulit :   -200gr Tepung Terigu
                       -1sdm Tepung Tapioka
                       -600ml Santan
                       -3butir Telur
                       -1/2sdt Garam
                       -1sdm Minyak
                       -Vanili
Bahan Isi  :     -200gr Kelapa Muda Parut
                      -150gr Gula merah
                      -50gr Gula Pasir
                      -Garam secukupnya
                      -1sdt Vanili
                      -2 lmbr daun Pandan
                      -Sedikit Air
Cara Membuat :
      1.Sebelum membuat kulit, sebaiknya kita mempersiapkan bahan isi terlebih dahulu, agar pada saat pengisian nanti, enten-enten/unti yang kita buat telah dingin.sehingga ketika diisikan tidak menyebabkan lembab.
      2.Cara membuat unti sangatlah mudah, pertama masukkan sedikit air kedalam wajan panaskan dengan menggunakan api kecil, tambahkan Gula, Garam,Vanili dan Daun pandan,aduk-aduk hingga tercampur rata dan Gula leleh.Kemudian masukkan kelapa parut aduk hingga tercampur rata.Terus diaduk-aduk agar tidak lengket. Tunggu hingga unti tersebut agak kering, paling tidak sampai hilang kandungan airnya.  
      3.Setelah selesai membuat unti, saat kita membuat kulit Dadar. Pertama campur Tepung Terigu dengan Tapioka, tambahkan 300ml Santan, tuang sedikit demi sedikit sambil diaduk rata kemudian tambah garam, Vanili dan minya sambil diaduk..
      4.Masukkan 3butir Telur kedalam sisa Santan tadi, kocok hingga tercampur rata. Setelah itu campurkan kedalam adonan pertama. Tuang sedikit demi sedikit sambil diaduk.Pastikan adonan tercampur rata dan menjadi adonan yang kental.
      5.Siapkan wajan dadar, panaskan dengan api kecil, tunggu hingga wajan panas.Oles dengan sedikit mentega jika perlu.Kemudian tuangkan sedikit adonan (kurang lebih satu sendok sayur) ratakan dengan cara goyang-goyangkan wajan, hingga bisa menjadi dadar yang tipis. tunggu beberapa saat hingga banyak terlihat lubang diatasnya.
      6.Jika telah terlihat banyak lubang, itu berarti dadar telah matang, kemudian angkat dan sisihkan di tempat yang lebih luas. Lakukan hingga adonan habis.
      7.Ambil 1 lembar kulit, isi dengan 1/2 sdm unti atau sesuai selera, letakkan dibagian agak pinggir lipat kedua sisinya kemudian gulung dimulai dari pinggir tempat unti tadi.Lakukan hingga bahan tersebut habis, dan siap untuk disajikan.











                                Selamat Mencoba, Semoga Sukses

     

Tidak ada komentar:

Posting Komentar