Kue Semprong/Opak Gambir

Resep Kue Semprong/Opak Gambir,Resep Kue Tradisional,resep camilan kue semprong/opak gambir
    

        Kue Semprong merupakan salah satu Kue Tradisional yang mempunyai banyak nama. Di beberapa daerah kue ini lebih dikenal dengan nama Kue Sapit, Opak Gambir ataupun Opak Jepit. Kue Semprong biasanya terbuat dari adonan dasar Tepung Beras yang telah dipadukan dengan berbagai bahan lain sehingga menghasilkan citarasa yang garing, manis, empuk dan renyah. Keberadaan Kue Semprong/Opak Gambir telah ada sejak puluhan tahun silam dan hingga saat inipun Kue Semprong masih banyak diminati. Bagi anda yang ingin melestarikan resep kue warisan nusantara ini, tidak ada salahnya jika anda mencoba resep dan cara pembuatan Kue Semprong berikut ini.
       Bahan - Bahan  : -500gr Tepung Beras
                                 -250gr Gula Pasir
                                 -6btr Telur
                                 -850ml Santan kental
                                                                                                 -1sdt Kayu manis/Wijen bubuk
                                                                                                 -Minyak Goreng untuk olesan
         Cara Membuat  :
1. Kocok Telur dengan Gula Pasir hingga Gula hancur.
2. Masukkan Tepung Beras yang telah dicampur dengan Kayu Manis/Wijen bubuk sedikit demi sedikit dan aduk hingga rata.Tambahkan Santan sedikit demi sedikit sambil diaduk hingga menjadi adonan yang agak kental.
3. Panaskan cetakan Kue Semprong yang telah dioles sedikit minyak.Tuang kira-kira 1 sdm adonan dibagian tengah cetakan lalu tutup dan tunggu hingga adonan matang (-/+ selama 5 mnt) kemudian angkat.
4. Buka cetakan, gulung Kue Semprong dengan bantuan sumpit.Angkat dan biarkan dingin baru lepaskan dari sumpit. Lakukan hingga adonan habis.
5. Simpan Opak Gambir yang telah dingin kedalam toples kedap udara agar rasanya tetap empuk, garing dan renyah.Opak Gambirpun siap untuk disajikan.









                                     Selamat Mencoba, Semoga Sukses  

                           

Tidak ada komentar:

Posting Komentar