Kue Mangkuk

Resep Kue Mangkuk,Kue Mangkuk Kukus,Resep Kue Tradisional
           Kue Kukus ini dinamakan Kue Mangkuk mungkin karena bentuk cetakan yang digunakan mirip dengan mangkuk sehingga menghasilkan kue yang menyerupai mangkuk dengan bagian atas kue yang merekah sehingga semakin mempercantik tampilannya.Mungkin kini telah banyak diantara kita yang tak asing dengan kue ini.Kue yang berkomposisi Gula, Tape singkong dan Ragi instan ini memang memiliki rasa tersendiri yaitu antara manis dan terkadang sedikit asam.
         Kue Mangkuk merupakan salah satu jenis Kue Tradisional, hal ini bisa dilihat dari penggunaan bahan tape singkongnya.Meski tergolong kedalam Kue Tradisional pembuatan Kue Mangkuk tidaklah mudah, tak jarang kue yang kita buat biasanya tak bisa merekah sempurna.Berikut ada beberapa tips yang perlu diperhatikan agar saat pengukusan Kue Mangkuk bisa merekah  dg sempurna, misalnya: pastikan panci pengukus dalam keadaan yang benar-benar panas sebelum kue siap dikukus, jangan membuka tutup panci selama proses pengukusan hingga Kue Mangkuk dipastikan benar-benar matang dan sebaiknya cetakan yang digunakan tidak perlu dioles minyak karena hal itu bisa menyebabkan Kue Mangkuk tidak pecah dan merekah secara maksimal.Bagi anda yang pernah gagal membuat  Kue Mangkuk ataupun baru ingin belajar membuatnya, berikut resep dan cara membuat Kue Mangkuk yang bisa anda coba:
       
Bahan Kue Mangkuk :  -75gr Tepung Terigu protein sedang
                                    -150ml Air hangat
                                    -1sdt Ragi Instan
                                    -175gr Tepung Beras
                                    -150ml Air dingin
                                    -100gr Tape Singkong,haluskan
                                    -150gr Gula pasir
                                    -1/2 sdt Garam
                                    -100ml Air soda warna merah
                                    -1/2sdt Baking powder
                                    -1tetes Pewarna makanan warna merah muda

Cara Membuat Kue Mangkuk :
     1. Campur Tepung Terigu, Air hangat dan Ragi instan, aduk hingga rata dan diamkan selama 30 menit.
     2.Haluskan Tape singkong dan Gula pasir lalu sisihkan.
     3.Uleni Tepung Beras dengan air lalu tambahkan campuran Tape singkong dan Gula pasir tadi, kemudian masukkan Garam lalu uleni selama 10menit hingga rata.
     4.Campur Air soda, Baking powder, dan pewarna makanan aduk rata lalu sisihkan.
     5.Campur adonan no.1 dan adonan no.3 aduk rata lalu tambahkan bahan no.4 aduk kembali hingga licin lalu disaring.
     6.Panaskan cucing/cetakan kue mangkuk dalam kukusan, tuang adonan ke dalam cetakan hingga penuh.Tutup kembali kukusan, kukus selama30 menit hingga matang dan merekah.
     7.Angkat Kue Mangkuk yang telah matang dan merekah, tunggu hingga uap panasnya hilang, lalu lepaskan Kue Mangkuk dari cetakan.Dan Kue Mangkuk telah siap untuk dihidangkan.

       Demikianlah  resep dan cara membuat Kue Mangkuk yang mudah dan enak. Salah satu Kue kukus tradisional yang masih banyak diminati hingga saat ini. Semoga bisa bermanfaat dan bisa anda coba di rumah.



                                    Selamat Mencoba, Semoga Sukses

Tidak ada komentar:

Posting Komentar